ki

ki
hoya

Minggu, 01 Januari 2012

Menanam donk?? Mana hiDup



PenaNaman yang keTinggalan jaMan


Kini aku tahu dan kini pula aku kecewa. Dahulu sesuatu yang aku suka adalah ketika menanam dan menanam, bagi anak SMA seperti aku dimasa itu sangat senang dengan hal itu, turut serta menanam dipinggir jalan. Aku membayangkan pohon-pohon itu kelak akan sangat besar dan menjadikan jalan seperti lorong yang amat panjang namun asri dan tentunya indah untuk disapa.. Akan ada banyak burung, kupu-kupu, semut lebah dan hewan lainnya bernyanyi riang disana. Semua seakan menyapaku, menyanyi ria,,dan pohon hijau itu memberikan iramanya dalam alunan oksigen yang kemudian aku hirup mengalir seluruh tubuh bersama darah memberikan penghidupan. Tapi rupanya tak seindah yang ku banyangkan ternyata pohon-pohon itu tak sampai membentuk lorong karena akan dipangkas bila agak lebah. Sejenak sedih tapi justru itu yang harus dilakukan, jalan tak seharusnya ditutupi tajuk-tajuk pohon namun tak semestinya juga kering keronta tanpa ada makhluk penyerap polusi, peredam panas, suara dan fungsi lain dari sang pohon yang baik hati.
Terpikirkan olehku betapa indahnya hutan dan tempat lain yng dilakukan penghijauan, yang tak berada di jalan. Huah pasti keren bayangku masa itu, aku ingin mendatanginya dan menyapa pohon-pohon itu, kan kuajak bernyanyi, tersenyum ria dan kan ku bisikan kata cinta agar pohon-pohon itu cepat tumbuh..namun itu dulu!!!!! Itu dulu ketika aku masih imut-imutnya jadi anak manusia, masih lugu, penuh khayal dan harap. Kini justru teriakan dan kecewa yang ada karena itu ternyata hanya omong kosong,,,hanya khayalan anak kecil saja!!  Indonesia yang tengah gencar-gencarnya melakukan aksi menanam, ribuan bahkan miliaran pohon telah tertanam di bumi Indonesia ini,,, milliaran dana telah terkucur untuk melakukan aksi penanaman ini, namun dapatkah kita lihat hasilnya?  Mana? Mana dan dimana ? sudah banyak aksi menanam dilakukan namun hasilnya tak ada, apakah bumi menelannya? Kurang banyakkan aksi-aksi itu? Aksi Penanaman Pohon Serentak Indonesia, Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon, Kecil Menanam Dewasa Memanen, Pencanangan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional, One Man One Tree, serta One Billion Indonesia Trees (Gerakan Penanaman 1 Milyar Pohon Setiap Tahun).
Ah dunia ini penuh tipu daya, banyak pesulap sehingga bibit pohon yang tak terhingga jumlahnya menghilang, dan bodohnya pesulap-pesulap itu tak dapat mengembalikan pohon-pohon yang katanya banyak. Aku tak habis pikir kenapa ini dibiarkan saja terjadi, sungguh sangat sia-sia,,bayangkan saja usaha pembuatan bibit yang butuh waktu tenaga dan dana yang tak sedikit harus sia-sia karena pohon tak ada yang terselamatkan, tenaga menanam dan semangat menanam itu juga sangat tersia-siakan bahkan harapan sebagian kecil rakyat harus luluh. Salah siapa ini? yang pasti manusialah tapi manusia yang mana??? Seharusnya program yang dibuat tak hanya menanam tapi merawat juga sehingga tanaman yang ada tak hanya sekedar ditanam, kalau hanya menanam semua orang juga bisa namnu kalau merawat bisakah? Bila nama programnya saja hanya menanam dapat dipastikan dana untuk perawatan hanya sedikit dan dapat pula malah tidak ada.
            Yang namanya nanam ya harus merawat dunk, kalau tidak ya jangan tanya hasilnya. Ibarat sapi, maka nanam itu hanya seperti mrlahirkan nah anak sapi ( pedet) mana yang bisa hidup tanpa dirawat kalaupun ada itu ajaib men,,,orang manusia yang katanya makluk  paling sempurna aja butuh dirawat biar hidup apa lagi makhluk lain yang tidak sempurna. Seperti halnya pohon perlu dirawat meskipun tanpa dirawat ada yang hidup tapi itu hanya sebagian bro,,bisa dihitung jari.
So bagi kamu-kamu yang nanam jangan hanya nanam, ngak jaman kalau cuman nanam aja!! Semoga program pemerintah ke depannya tidak hanya menanam tapi juga ada perawatan dan bagi yang akan nanam perlu adanya pelatihan dulu jadi biar tidak asal nanam. Menanamlah dengan perasaan kawan, yang tentunya perasaan yang positif dan berdoalah agar tanaman tersebut hidup..bayangkan saja setiap insan yang menanam berdoa dan penuh perasaan dijamin hidup dan pastinya pohon-pohon tersebut akan sangat bermanfaat,,syukur-syukur berdaun emas,,,hahahahaha

geng penanaman merapi

1 komentar:

  1. mbak, ijin masang alamat bolg ny mb wiga k blog ku y..

    BalasHapus